Article Detail

Rencana Kegiatan Pembelajaran TK B Oktober 2014

TEMA : BINATANG

BULAN: OKTOBER 2014


Bidang Pengembangan :

 A.    Moral & Nilai-Nilai Agama

  • Menghafal doa Bapa kami dan Salam Maria
  • Demonstrasi tentang cara menyapa teman dengan senyum dan sopan
  • Menyanyikan lagu rohani: Kingkong dan suara binatang
  • Mengucapkan syair lagu: suara binatang
  • Berbuat baik terhadap semua makhluk Tuhan. Misal: memberi makan burung dsb
  • Mendengarkan dan memperhatikan teman berbicara tentang: Binatang harimau, binatang kambing dsb



B.    Sosial, Emosional 

°  Bekerjasama meniru binatang semut dalam menempel gambar/puuzzel.

°  Sabar menunggu giliran

Misal: - Menunggu giliran bermain ulin (ulat)

-  Bermain replika binatang

-  Bermain anak ayam dan burung elang

°  Menaati tata tertib yangada di sekolah / kelas

Misal: - datang ke sekolah tepat waktu, memperhatikan guru di kelas dsb

°  Saling membantu sesama teman

Misal: - merapikan mainan replika binatang setelah selesai digunakan

 

Kemampuan Dasar

      Bahasa

  • Melakukan 3 perintah secara sederhana

Misal: amati cacing dengan kaca pembesar lalu gambar dan ceritakan

  •  Meniru kalimat yang sederhana

Misal:    -   ulat makan daun di pohon

            -   kupu-kupu hinggap dibunga

  •  Tanyajawab tentang:

- Binatang darat (di dalam tanah, di tanaman, di hutan)

- Binatang di air (di kolam, di laut, di tambak)

- Biantag ternak (bertelur, beranak)

  •  Mengelompokkan nama binatang laut
  •  Menyebutkan kata-kata yang huruf awalnya sama.

Misal: babi, bandeng, badak

  •   Menyebutkan nama-nama binatang darat, air, beranak dan bertelur.


D.   Kognitif

  •   Menyebutkan dan menceritakan perbedaan 2 benda

Misal: - perbedaan cacing dan semut

           - perbedaan ikan paus dan ikan hiu

           - perbedaan burung dan bebek

  •  Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda lebih banyak dan lebih sedikit

 Misal: memberi tanda X pada gambar binatang yang jumlahnya sedikit

  •  Membilang gambar binatang 1-6
  •  Menghubungkan gambar binatang dengan lambang bilangan 1- 6
  •  Mengukur gambar binatang babi dengan lidi
  •  Menulis lambang binatang 1- 10
  •  Memberi gambarpada gambar binatang buas
  •  Mengungkapkan sebab akibat

  Misal: mengungkapkan apa yang terjadi bila binatang buas tidak diberi makan dsb.
 
E.   Fisik  Motorik        

Motorik Halus

ü  Melipat bentuk bebek
ü  Menggambar sesuai tema

Motorik Kasar

ü  Berjalan diatas titian
ü  Berjalan sambil berjinjit
ü  Bermain petak umpet
ü  Merayap dengan berbagai variasi
ü  Merangkak dengan berbagai variasi
ü  Pertandingan ”main sepak bola”
ü  Menari: kupu-kupu.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment