Article Detail

TK Santo Carolus mendukung peserta didik untuk meraih cita-citanya yang luhur dan mulia

Bilaku besar nanti kuingin menjadi dokter

Semua kulayani dengan sabar

Tiada kubedakan antara miskin dan kaya.

Karena ini soal kemanusiaan...dst

Ini syair lagu yang dinyanyikan oleh peserta didik, dalam rangka implementasi tema pekerjaan sebagai dokter.

Dunia anak adalah dunia bermain, belajarnya anak sebagian besar melalui permainan yang mereka lakukan. Sehingga, jika memisahkan bermain dan belajar sama halnya dengan memisahkan anak dari dunianya sendiri.

Hari Rabu, 11 April 2018 peserta didik kelompok A-1 menuju ruang UKS untuk mengamati apa saja yang ada diruang tersebut. Mereka dapat menyebutkan bermacam-macam alat kesehatan yang dipergunakan oleh dokter yang sedang memeriksa pasien.

Mereka sangat senang berada di ruang UKS karena merek diperlihatkan secara langsung peralatan yang dipergunakan oleh dokter untuk memeriksa pasiennya antara lain : stetoskup, timbangan badan, alat yang dipakai untuk mengukur tekanan darah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk memperkenalkan secara langsung tentang dokter maka peserta didik diajak bermain peran menjadi dokter dan pasien yang sakit, betapa senangnya mereka dalam kegiatan tersebut. Dalam memerankan sebagai dokter, merekapun minta untuk menjadi dokter kecil dengan baju kebesarannya berwarna putih. Dan dilakukan secara ber

Dengan bermain peran metode ini untuk mengembangkan prilaku dan kemampuan dasar anak agar dapat memerankan tokoh-tokoh atau benda-benda sekitar anak sehingga dapat mengembangkan daya khayal (imajinasi) dan penghayatan terhadap bahan kegiatan yang dilaksanakan. Bermain peran berarti menjalankan fungsi sebagai orang yang dimainkannya, misalnya berperan sebagai dokter. Bermain peran sering digunakan untuk mengajarkan tentang tanggung jawab, kehidupan sosial, serta kepedulian terhadap orang lain yang membutuhkan.

Semoga mereka memiliki belarasa yang dalam terhadap lingkungan masing-masing.

 

 

Red. Cicilia Dwi Susilastari

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment