Article Detail

Komposting

Kita warga KB-TK St. Carolus menyadari akan hidup bersih, indah dan nyaman. Go green untuk menghidupi semua ini kami butuhkan perjuangan dan kerjasama yang baik. Gerakkan-gerakkan yang menjadi program sekolah, kita lakukan dengan senang hati dan penuh kesadaran. Dari pemilahan sampah basah dan kering di kelas dan lingkungan sekolah, ada pengumpulan sampah basah yang di jadikan komposting. Hasil composting akan berguna untuk menyuburkan tananaman di lingkungan sekolah kami. Selain itu akan mengurangi biaya pembelian pupuk. Maka hari ini kami sudah mendapat hasil dari jerih payah pembuatan pupuk dan hasilnya sudah dapat kita rasakan dengan 2 tempat composting untuk memupuk tanaman.
Red_Sr. Maria Retika CB

 

 

Komposting

     Untuk membiasakan mencintai lingkungan sejak dini, maka anak-anak TK Santo Carolus pada hari Kamis, 20 Januari 2016 diajak untuk mengikuti kegiatan “Composting” di halaman belakang sekolah. Anak-anak dengan semangat mengumpulkan sampah daun yang ada di sekitar sekolah sambil memilah-milah sampah basah dan kering. Sampah basah diletakan pada bak penampungan, sampah kering di bak sampah. Sampah basah hasil perolehan anak-anak berupa daun, ranting, dan sisa makanan akan diproses di dalam Komposter kurang lebih 6 bulan.

     Anak-anak dengan penuh antusias mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari Pak Yanto bagaimana proses pembuatan pupuk kompos, dan mereka banyak bertanya tentang kegunaan pupuk kompos. Daniel (A.2) bertanya:” Apakah batang pohon bisa dibuat pupuk kompos?”. Dan masih banyak lagi pertanyaan dari anak-anak. Selain mengumpulkan daun mereka juga mempraktekkan mengaduk pupuk yang sudah jadi dan memberi pupuk pada tanaman.

       Anak-anak mengetahui lebih jelas cara pembuatan pupuk kompos dan manfaatnya. Ternyata pupuk kompos sangat berguna bagi tanaman karena dapat membuat tanaman menjadi lebih subur. Dan yang tidak kalah penting adalah penghematan biaya dalam pembelian pupuk. (red: Herawati)

                Mari Kita Hidupkan Gerakan KPKC…………

<
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment