Article Detail
Aku menjadi pengamat kecil
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi mengkomunikasikan adalah urutan logis pengalaman-pengalaman belajar, merupakan tahapan-tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang merupakan pembelajaran perpusat pada peserta didik.
Kamis 10 Oktober 2019 dalam tema Binatang sub tema binatang tidak berkaki kelompok TKA bertempat di ruang tengah TK Santo Carolus Surabaya belajar tentang binatang tidak berkaki antara lain adalah cacing.
Kami dapatkan cacing dari kebun di lingkungan sekolah, diletakkan ke dalam tempat yang besar sehingga bisa dilihat oleh peserta didik, secara bergantian peserta didik mengamati cacing dengan kaca pembesar.
Dalam pengamatan tersebut ditemukan oleh Jojo bahwa cacing berwarna merah, Nathan mengatakan cacingnya dapat bergerak, dan Carolin mengatakan cacingnya bentuknya panjang dan besar, itu semua dikatakan oleh peserta didik dalam penemuan saat mengamati cacing. Aktivitas ini sangat disukai oleh peserta didik karena terjadi interaksi dan diskusi dan dapat mengkomunikasikan lewat menceritakan apa yang dilihat dalam pengamatan dan pengalaman langsung.
Dengan pembelajaran ini diharapkan peserta didik bertambah dalam pengetahuan dan berani untuk mengutarakan pendapatnya, berani menanya dan berani mempresentasikan pengalamannya didepan kelas. Suskses selalu
Penulis
C.Dwi Susilastari
-
there are no comments yet