Article Detail

Permainan ramah anak

PERMAINAN RAMAH ANAK MENUJU TATANAN NEW NORMAL

KONSEP DASAR BERMAIN

Bermain adalah :

1. Simbolik (symbolic)

2. Penuh arti (meaningful)

3. Aktif (active)

4. Menyenangkan (pleasurable)

 5. Kegiatan sukarela (voluntary)

6. Menggunakan aturan (rule-governed)

7. Fase-fase (episode )

Manfaat Bermain

a. Vygotsky (1976) bermain memiliki peranan langsung dalam perkembangan kecerdasan (kognitif) anak, yaitu dengan cara bermain simbolis.

b. Barnettdan Storm (1981) menemukan adanya bukti psikologis keterkaitan bermain dengan penurunan/pengurangan kecemasan dan kegelisahan anak-anak.

 c. Elkind (1981) melihat bermain sebagai suatu pelepasan/pembebasan dari tekanantekanan yang dihadapi anak.

TAHAPAN PERKEMBANGAN BERMAIN :

1. Tahap Manipulatif

2. Tahap simbolis

3. Tahap eksplorasi

4. Tahap eksperimen

 5. Tahap dapat dikenal

RAMAH ANAK Menuju Tatanan New Normal Pemberian stimulasi pendidikan kepada anak dengan memperhatikan hak dan kebutuhan anak agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan – tahapan pertumbuhan dan perkembangan sebagaimana mestinya dengan menyesuaikan kebutuhan tatanan kehidupan new normal.

Ramah anak dapat pula diartikan dengan ”memenuhi” atau ”mendukung” pemenuhan hak anak oleh keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara.

PRINSIP-PRINSIP PERMAINAN RAMAH ANAK

1. Disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak yaitu perkembangan fisik, motorik,kognitif, sosial emosional dan bahasa.

2. Dapat menstimulasi perkembangan anak dengan cara memberi kesempatan sebanyak-banyaknya kepada anak untuk eksplorasi,
komunikasi aktif, interaksi sosial dan koordinasi gerakan-gerakan motorik.

3. Tercipta rasa aman secara jasmani dan rohani. 4. Menyesuaikan prinsip – prinsip tatanan kehidupan new normal. Page 8 JENIS PERMAINAN YANG SESUAI DENGAN ASPEKASPEK PENGEMBANGAN ANAK USIA

JENIS PERMAINAN YANG SESUAI DENGAN ASPEKASPEK PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI A. Permainan berdasarkan Tinggi Rendahnya Keterlibatan Anggota Tubuh

 1. Kegiatan Bermain Aktif § Merupakan kegiatan yang melibatkan aktivitas tubuh/gerakan tubuh § Misalnya :

a) Bermain bersama teman • Bermain balok,lego • Bermain pasir

b) Bermain dalam kelompok • Bermain tali • Bermain sepakbola/bola basket

Kegiatan Bermain Pasif

  • § Hiburan merupakan salah satu bentuk bermain pasif
  • § Manfaat bermain pasif: ü Sebagai sumber pengetahuan ü Menambah perbendaharaan kata dan lebih paham bagaimana menggunakan kata ketika sedang berkomunikasi dengan orang lain. ü Melakukan identifikasi dengan tokoh-tokoh cerita ü Membantu anak menangani masalah emosional yang dialaminya dengan melihat bagaimana tokoh cerita mengatasi masalah mereka ü Belajar memusatkan perhatian
  • § Misalnya : ü Menonton film ü Membaca ü Mendengarkan radio ü Mendengarkan musik Page 10

METODE DAN TEKNIK BERMAIN

  1. Bercerita

 • Membaca langsung dari buku, Menceritakan dongeng, Menggunakan ilustrasi gambar, Mengguankan papan flanel, Menggunakan media boneka, Sambil memainkan jari-jari tangan

B. Bermain Peran

  • • Pura-pura menjadi pohon yang tertiup angin

  C. Sosiodrama

  • • Memerankan beberapa peran dalam suatu cerita

 D. Demonstrasi • Apa yang ditunjukkan oleh guru harus jelas dilihat anak

 E. Pemberian Tugas (meningkatkan cara belajar yang benar)

 F. Proyek (memberi makan binatang piaraan sekolah)

 G. Karyawisata
 H. Bercakap-cakap
By : Lusia Dyan Ramayani

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment