Article Detail

Rencana Kegiatan Pembelajaran TK B November - Desember 2014

Bidang Pengembangan :

A.    Moral & Nilai-Nilai Agama

  • Bekerjasama dengan teman. Misal: mengupas buah
  • Sabar menunggu giliran. Misal: saat bermain, saat mengambil buah dsb
  • Berbuat baik terhadap ciptaan Tuhan. Misal: praktek menyiram tanaman
  • Menyanyi lagu rohani:
    bunga bakung, baca kitab suci, Ave Maria, Santo Carolus
  • Menyebutkan tempat-tempat beribadah
  • Menyebutkan nama peralatan misa

         B.    Sosial, Emosional 

  • Saling membantu teman
    Misal: - membantu teman memasukkan buah-buahan dalam keranjang
             - Saling membantu saat mengikuti misa di gereja
  • Berbagi dengan teman
    Misal: membagi buah jeruk dalam kelompok
  • Berbicara dengan sopan
  • Misal: menyebut nama buah-buahan dengan tidak berteriak
  • Menaati aturan saat  mengikuti kegiatan
  • Misal: - menaati aturan perlombaan mengambil buah di keranjang
             -  Tidak berteriak saat berada di gereja
  • Melaksanakan tugas kelompok mengatur meja altar
  • Berantusias saat melaksanakan tugas ibadah

        Kemampuan Dasar

Bahasa

  • Bertanyajawab tentang:
    -       Tanaman buah (jeruk, apel, mangga dsb)
    -       Tanaman obat (jahe, kunyit, kumis kucing dsb)
    -       Peralatan misa
  • Mengelompokan benda yang sejenis
    Misal: - kelompok buah-buahan
            - Kelompok peralatan misa
  • Memberi tulisan pada gambar yang sesuai
  • Menyebutkan kata-kata yang mempunyai huruf awal sama
    Misal: kunyit    -     kucing
  • Menghubungkan gambar dengan tulisan
  • Mengulang kalimat sederhana
    Misal: jahe untuk obat masuk angin
  • Menyebutkan suara / bunyi yang di dengar
    Misal: suara lonceng

         C.   Kognitif

  • Membuat 2 kumpulan benda
    Misal: - memberi tanda X pada kumpulan gambar jeruk yang jumlahnya banyak,
             - membedakan antara meja altar dan meja bisa dsb.
  • Memberi tanda X pada kelompok gambar buah-buahan
  • Mengelompokkan benda dengan berbagai cara
    Misal: menurut bentuk (buah yang berbentuk lingkaran)
  • Menurut warna (buah yang berwarna hijau)
  • Membilang gambar buah, peralatan misa 1-10
  • Mengisi dan meyebutkan isi wadah
    Misal: mengisi wadah mangkok dengan jahe, kunyit, stroberi dsb
  • Membedakan berat benda yang ditimbang
    Misal:  menimbang anggur, stroberi, lilin, rosario dengan timbangan
  • Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan.
    Misal: perbedaan salib dan lilin
  • Menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda
  • Membuat urutan angka 1-10 pada gambar anak yang sedang berbaris  


D.   Fisik  Motorik        

Motorik Halus

  • Menggambar sesuai tema
  • Permaian warna dengan berbagai media
  • Misal: Mewarnai gambar mahkota dewa
  • Menciptakan alat perkusi
  • Memegang pensil dengan benar
  • Mencocok gambar

Motorik Kasar

  • Berjalan kearah samping
  • Berjalan dengan tumit diatas satu kaki
  • Berlari sambil melompat dengan seimbang
  • Bermain dengan simpai
  • Bermain bola
  • Berjalan diatas papan titian
  • Bergerak bebas sesuai irama musik
  • Naik otopet
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment