Article Detail

Rencana Kegiatan Pembelajaran TK A Oktober 2014

TEMA : BINATANG

BULAN: OKTOBER 2014


Bidang Pengembangan :

   A. Moral & Nilai-Nilai Agama

  • Menghafal doa Bapa Kami, Salam Maria
  • Menyebutkan biantang ciptaan Tuhan

- binatang darat (di dalam tanah, di tanaman, di hutan)
- binatang di air (di kolam, di laut, di tambak)
- biantag ternak (bertelur, beranak)

  • Melakukan perbuatan baik


   B.   Sosial, Emosional 

  • Bermain dengan replika binatang
  • Bekerjasama merapikan maian, peralatan sekolah
  • Menaati peraturan. Misal: berhenti bermain pada waktunya
  • Sabar menunggu giliran. Misal: menunggu giliran saat bermain

 Kemampuan Dasar

   C.   Bahasa

-  Meniru 3 urutan kata
Misal : kupu-kupu terbang tinggi, tanduk rusa bercabang
-  Tanya jawab tentang binatang darat dan air
Misal ; binatang ikan,kambing, singa dsb
-  Menyanyi lagu anak - anak:
Misal: bebek-bebekku, ayam berkoktek.
-  Bercerita tentang pengalaman pergi kepantai melihat binatang air (gurita, ubur-ubur)
-  Mengucapkan syair lagu: “ikan”
-  Menjiplak atau menulis 2 suku kata.
Misal : kuda dan kambing
-  Melakukan 2 perintah guru.
Misal: ambil replika binatang harimau kemudian letakkan diatas meja

   D.   Kognitif

  • Membuat urutan bilangan 1-10 dengan gambar ikan
  • Membuat gambar gurita sampai 10
  • Menyebutkan dan menceritakan perbedaan 2 gambar. Misal: semut dan cacing
  • Memasangkan benda / gambar sesuai pasangannya. Misal: daun dan ulat. gula dan semut.
  • Menunjukkan dan menyebutkan binatang ditanaman. Misal: memberi tanda √ pada gambar kupu-kupu.
  • Mengelompokkan gambar ikan patin

   E. FIisik Motorik

       Motorik Kasar

°  Meloncat dari ketinggian 1 meter
°  Berlari cepat mengambil gambar kupu-kupu
°  Melompat dengan 1 kaki
°  Menirukan gerakkan binatang. Misal: burung, kelinci, ular dsb.

       Motorik Halus

-  Menjiplak bentuk : aquarium, ikan patin
-  Membuat bentuk binatang dari platisin. Misal : cicak, ikan,ular dsb.
-  Mengambar binatang sesuai tema. Misal: binatang burung, kuda, harimau, ulat dsb.
-  Membuat bentuk segi empat.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment